Warung Pak Bakar dan Foto Berpigura

Semenjak foto itu dipajang, saya selalu pergi ke tempat itu sendirian. Saya tidak tahu apakah saya kehilangan teman karena mempertahankan prinsip, atau karena kekuatan misterius yang terpancar dari foto itu. Yang pasti hanya saya sendiri yang masih ngopi di tempat itu, sambil sesekali memandang ke arah sebuah foto ukuran 4 R yang dipajang di samping jam dinding hadiah sebuah bank milik pemerintah.

Setiap minggu malam saya pergi ke warung Pak Bakar demi segelas kopi hitam. Demikian juga dengan teman-teman saya, Haris dan Yudi. Hanya mereka teman yang saya punya di waktu malam.

Pak Bakar menyediakan nasi pecel dan tempe goreng sebagai hidangan andalannya. Kebanyakan pengunjungnya pun mencari dua jenis sajian itu. Ada yang memesan nasi dan tempe, namun ada juga yang hanya berminat pada tempe goreng yang rasanya terkenal khas. Warungnya hanya terbuat dari bambu. Namun tidak jarang ada pembeli bermobil, plat hitam atau merah, yang mampir ke warungnya. Pak Bakar dibantu oleh anak bungsunya. Dia perempuan, remaja, dan cantik. Rambutnya hitam, panjang dan bergelombang. Mirip lirik salah satu lagu dangdut yang dulu terkenal.

Haris mengaku dirinya sebagai penyuka tempe. Tempe goreng Pak Bakar-lah yang menurutnya paling enak. Yudi sering bilang dia suka nasi pecel Pak Bakar. Ada atau tiada tempe tak jadi masalah baginya. Sedangkan saya, tak masalah bagi saya jika Pak Bakar kehabisan semua dagangannya asal jangan kopi hitam. Jelaslah, bukan dalam hal makanan kami kompak dalam selera.

Entah berapa puluh minggu malam kami habiskan di warung Pak Bakar, hingga saat malam itu datang. Tak ada yang berubah dari warung Pak Bakar, selain sebingkai foto yang malam minggu sebelumnya belum terpajang. Terlihat di foto tersebut Pak Bakar bergambar bersama anak bungsunya yang sedang membopong bayi berumur dua tahunan. Di foto itu dia tersenyum manis, dengan rambutnya yang seperti biasa terurai panjang. Jari lentiknya sedang menahan anaknya supaya tetap diam. Bayi itu sangat mirip ibunya. Hanya dia yang tersenyum ke arah kamera.

Semenjak malam itulah saya ngopi tanpa teman. Saya selalu mengajak, tapi mereka selalu enggan dan menolak. Haris  dan Yudi telah pindah ke warung lain, yang nasi pecel dan kopinya tak sebanding dengan punya Pak Bakar.

Ada puluhan warung yang menyediakan kopi di kota kecil ini. Saya tetap memilih warung Pak Bakar. Selama masih tersedia kopi hitam di warung Pak Bakar, rasanya tak masalah jika saya bahkan tak punya teman di waktu malam.

Iklan

Ditandai:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

POEMS AND SONGS FOR CHILDREN

poems poetry children song indonesia jakarta

Wahyu Kokkang

Love - Life - Laugh

@kucing_majelis

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَّى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Kabar tentang Dunia Islam

Menyediakan Informasi yang Tepat agar Ummat Tidak Tersesat oleh Berita orang Fasiq/Kafir

Satriwan's Blog

Yakin Usaha Sampai Demi Kemajuan

mifka weblog

Sekedar Catatan

obraytech's Blog / Computers

All About Computers,Gadget & Other

NETLABELS NOISES

selected netlabel releases

WALID

Sebaik-baiknya manusia ialah yang memberi bermanfaat bagi sesama...

lombokdihati

DIBALIK KESUNYIAN PELANGAN

The Simple Blog

Berawal dari sesuatu yang tidak mungkin

The Lost Word

Menulislah Walau Hanya Satu Kalimat

ENGLISH LEARNING CENTRE

Sharing and Growing for Better Education

Catatan Arief Mardianto

Pengingat disaat lupa ...

Welcome to my blog

Berbagi itu menyenangkan.

ilmu manajemen

Membantu anda dalam memahami

A Dreamer

It's true that we don't know what we've got until we lose it, but it's also true that we don't know what we've been missing until it arrives.

YoUMovi

Watch and download full movies online

%d blogger menyukai ini: